Jawaban Pertanyaan, Apa Sih Bitcoin Itu? - Situsbrokerforexs -->

11.26.2017

Jawaban Pertanyaan, Apa Sih Bitcoin Itu?

Apa sih bitcoin itu? Itu adalah sebuah pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh orang yang masih belum paham mengenai salah satu kecanggihan IT ini. Di zaman sekarang ini, perkembangan dalam bidang teknologi semakin hari semakin canggih saja. Segala sesuatu misalnya jual – beli bisa dilakukan dengan online cukup menghadap computer atau layar HP dan menyambungnya ke koneksi internet. Sehingga pembeli tidak perlu repot- repot bertemu untuk melakukan transaksi.  Salah satunya wujud dari kecanggihan teknologi itu adalah muncul aplikasi Bitcoin.
Apa Sih Bitcoin Itu?

Pengertian bitcoin

Bitcoin adalah suatu aplikasi yang dapat digunakan sebagai pengganti uang tunai anda. Bitcoin ini bisa digunakan untuk membayar atau transaksi apapun asalkan dalam bentuk transaksi online. Sehingga anda tidak perlu repot – repot untuk mengambil uang tunai dan mentransfernya. Oleh karena itu bitcoin disebut juga dengan mata uang virtual atau online.

Jenis mata uang bitcoin ini telah berkembang sejak tahun 2009 dan dikembangkan dan diperkenalkan oleh Santhosi Nakamoto. Sekarang bitcon sedang dibicarakan banyak orang, Tidak seperti jenis mata uang lainya yang harus berhubungan dengan layanan banking dan menggunakan sistem pembayaran lainya, bitcoin langsung disitribusikan kepada pengguna tanpa menggunakan perantara apapaun.   Nah sekarang sudah terjawab bukan mengenai pertanyaan apa sih bitcoin itu?


Keutungan dan kekurangan menggunakan aplikasi Bitcoin

Pada dasarnya aplikasi merupakan aplikasi yang sangat membantu dalam keuangan anda. Aplikasi ini sangatlah praktis dan efesien waktu jika digunakan. Sehingga tak heran lagi banyak sekali sekarang ini orang yang memakai aplikasi Bitcoin ini untuk bertransaksi secara online. Ada beberapa keuntungan menggunakan Bitcoin :
a. Bitcoin memiliki jangkauan yang global.
Maksudnya adalah bahwa aplikasi bitcoin ini mempunyai jangkauan yang terbatas yang mana bisa digunakan di manapun dan kapan pun anda berada. Bahkan bisa digunakan untuk melakukan transaksi keluar negeri.

b. Dengan menggunakan aplikasi bitcoin, transaksi akan lebih mudah dan lebih cepat
Aplikasi bitcoin mengandalkan koneksi dengan internet. Anda tidak perlu bertemu face to face atau pergi ke bank atau ATM untuk mentransfer sejumlah uang untuk transaksi, namun dengan aplikasi ini ada cumin butuh loging langsung bisa bertransaksi.

c. Aplikasi bitcoin bersifat anonym
Ketika anda bergambung dengan aplikasi bitcoin, maka akun anda akan berstatus anonym. Anda disarankan untuk membuat ID atau alamat baru setiap kali anda melakukan transaksi. Hal ini berguna agar tidak bisa dilakukan pelacakan pada transaksi anda oleh orang lain.

d. Aplikasi bitcoin berdiri sendiri
Aplikasi canggih ini bukan merupakan aplikasi yang terikat dengan pemerintah atau bank. Bitcoin adalah aplikasi yang berdiri sendiri. Sehingga anda tidak perlu membayar sejumlah biaya untuk jasa perantara seperti bank.

e. Biaya transaksi yang pada bitcoin sangat rendah dan murah
Transaksi menggunakan bitcoin ini, anda tidak perlu membayar sejumlah biaya kepada perantara. Anda tidak sama sekali dipungut biaya setiap anda melakukan transaksi menggunakan aplikasi bitcoin ini.

f. Dengan menggunakan bitcoin transaksi akan menjadi lebih aman
Membawa atau transaksi menggunakan uang tunai yang berjumlah besar memang beresiko sangat besar juga. Bisa saja terjadi seuatu kejadian yang tidak diinginkan di dalam transaksi. Nah, cara bertransaksi yang lebih aman disediakan oleh Bitcoin. Sudah jelas sekali bitcoin menggunakan sistem transaksi online untuk melakukan transaksi sehingga anda tidak perlu cemas dalam bertransaksi jumlah besar. Dan bitcoin juga membuat transaksi anda lebih aman Karena secara otomatis uang pembayaran atau hasil pembayaran akan masuk dan keluar dari saldo anda sesuai dengan yang anda inginkan.

g. Bitcoin sangat transparansi
Bitcoin menjujung tinggi prinsip transparansi. Ynag dimaksud tranparansi disini adalah bahwa bitcoin selalu menyajikan semua data – data secara detail baik pemasukan atau pengeluaran yang anda lakukan.

Teknis BitCoin

Jika anda menjadi salah satu orang yang tertarik untuk menggunakan bitcoin, anda sebaiknya mempelajari dulu istilah – istilah dalam menggunakan aplikasi bitcoin dengan cermat.
a. Anda harus  mendapatkan aplikasi BitCoin dengan cara membeli atau mining. Untuk membeli BitCoin dapat dilakukan di excharger seperti http://bitcoin.co.id/ ( Indonesia ), http://mtgox.com/ (Jepang dan US), dan  https://vip.btcchina.com/ ( China).

b. Saldo (rantai blok )
Rantai blok berguna untuk mencatat semua saldo pemasukan maupun pengeluaran bitcoin wallet atau dompet bitcoin

c. Transaksi
Dikatakan sebagai transaksi apabila ada transfer nilai pada wallet pada aplikasi bitcoin . Transaksi ini bersifat sangat pribadi. Sehingga mewajibkan para pengguna untuk membuat kunci transaksi pribadi berupa kode atau password tententu . Ini bisa digunakan sebagai tanda tangan dalam setiap transaksi.

d. Penambangan
Penambangan adalah proses konfirmasi atau notifikasi terhadap antrian - antrian transaksi yang sedang dilakukan selama transaksi sedang berlangsung .

Menarik bukan? Apakah anda tertarik untuk menggunakan aplikasi bitcoin setelah membaca penjelasan di atas? Memang yang mudah dan nyaman menggunakan bitcoin. Melalui penjelasan diatas tentu saja telah menjawab lebih jelas pertayaan mengenai apa sih bitcoin itu?.

Advertisement